PERTEMUAN KE 10 FORECASTING (PERAMALAN)
Nama : Kim Meredith Dionese
NIM : 12211373
Kelas : 03 Manajemen
Dosen : Septia Lutfi, S.Kom, M.Kom
Mata Kuliah : Aplikasi Komputer Ekonomi
Modul Forecasting (Peramalan)
FORECASTING (PERAMALAN)
Merupakan metode untuk memprediksikan atau memperkirakan berbagai kejadian di masa mendatang berdasarkan data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Model Peramalan dapat dibagi menjadi empat sub model. Model Pertama adalah menggunakan data masa lalu secara runtut waktu atau time series (misalnya data penjualan) untuk memprediksi masa depan (permintaan produk). Hal seperti ini disebut analisis time series, yang dalam POM meliputi metode naif, moving averages, rata-rata bergerak tertimbang, eksponensial smoothing, eksponensial smoothing dengan trend, analisis trend, regresi linear, dekomposisi perkalian, dan dekomposisi aditif.
Model kedua adalah untuk situasi di mana satu variabel (misalnya permintaan) adalah fungsi dari satu atau lebih variabel lain atau variabel bebas yang disebut dengan regresi sederhana (hanya satu variabel bebas) atau regresi berganda (variabel bebas lebih dari satu). Model ketiga yang memungkinkan kita untuk menciptakan perkiraan diberikan model regresi tertentu dan model keempat yang memungkinkan kita untuk menghitung kesalahan diberikan tuntutan dan prakiraan. Tujuan: untuk menghitung metode-metode peramalan formal yang dapat digunakan dalam meramalan permintaan sebagai dasar bagi perencanaan dan pengambilan keputusan.
SOAL LATIHAN :
1. PT. Indostar membuat prediksi tentang permintaan Televisi yang diproduksinya untuk tahun 2013 berdasarkan data sebagai berikut:
|
Bulan |
Penjualan (unit) |
|
1 |
120 |
|
2 |
90 |
|
3 |
100 |
|
4 |
75 |
|
5 |
110 |
|
6 |
50 |
|
7 |
75 |
|
8 |
130 |
|
9 |
110 |
|
10 |
90 |
|
11 |
100 |
|
12 |
120 |
Berdasarkan data di atas hitunglah
a. Perkiraan jumlah permintaan telivisi pada bulan Januari 2014 dengan metode
Moving Average 3 bulan
(MA3)?
b. Perkiraan jumlah permintaan
telivisi pada bulan Januari 2014 dengan metode Moving Aaverage 4 bulan (MA4)?
c. Perkiraan jumlah permintaan telivisi pada bulan Januari 2014 dengan metode
Weight Moving Average
3 bulan (WMA3)?
d. Perkiraan jumlah permintaan
telivisi pada bulan Januari 2014 dengan metode Weight Moving Average 4 bulan (WMA4)?
LINK YOUTUBE : https://youtu.be/7SMQ9qLrv60
1. Sebuah perusahaan Multinasional PT. INDOMON mencatat penjualan selama satu tahun sebagai berikut:
|
Bulan |
Penjualan (jt) |
Bulan |
Penjualan (jt) |
|
1 |
180 |
6 |
200 |
|
2 |
215 |
7 |
190 |
|
3 |
190 |
8 |
190 |
|
4 |
160 |
9 |
200 |
|
5 |
170 |
10 |
210 |
|
|
|
11 |
215 |
|
|
|
12 |
220 |
a. Dengan metode moving average 3 bulan, berapa perkiraan penjualan pada bulan ke 13
b. Dengan metode Weight Moving Averarge dengan bobot pertama 0.4 dan bobot kedua 0,6 berapa perkiraan jumlah penjualan pada bulan ke 13?
c. Berapakah prediksi penjualan PT.INDOMON pada bulan ke 25?
LINK YOUTUBE : https://youtu.be/nn9RQUJloqQ
2. Bila diambil secara acak 10 penjual LAPTOP diperoleh data penjualan Laptop dalam unit
|
No |
Penjualan |
Bulan |
|
1 |
200 |
1 |
|
2 |
150 |
2 |
|
3 |
150 |
3 |
|
4 |
170 |
4 |
|
5 |
165 |
5 |
|
6 |
200 |
6 |
|
7 |
150 |
7 |
|
8 |
140 |
8 |
|
9 |
100 |
9 |
|
10 |
160 |
10 |
Dari ata di atas, hitunglah dengan metode Trend. Berapakah penjualan pada bulan ke 20!
LINK YOUTUBE : https://youtu.be/p_QYO2b3wjQ
3. Bila diambil secara acak 10 penjual LAPTOP diperoleh data penjualan Laptop dalam unit (Y), Pengeluran untuk iklan dalm juta rupaiah (X1) dan jumlah sales (X2) sebagaiberikut.
|
No |
Y (unit( |
X1 (Juta Rp) |
X2 (orang) |
|
1 |
100 |
3 |
3 |
|
2 |
150 |
5 |
4 |
|
3 |
150 |
6 |
4 |
|
4 |
170 |
10 |
5 |
|
5 |
165 |
8 |
4 |
|
6 |
110 |
3 |
3 |
|
7 |
130 |
4 |
3 |
|
8 |
120 |
3 |
3 |
|
9 |
160 |
8 |
7 |
|
10 |
180 |
11 |
8 |
Berdasarkan data di atas hitunglah:
a. Bagaimana persamaan regresinya
dan jelaskan artinya
b. Berapa nilai R2Jelaskanartinya
c. Bila biaya Iklan naik menjadi 13 juta hitung perkiraan
penjualannya
LINK YOUTUBE : https://youtu.be/zYW5o_FERvc
4. Sebuah perusahaan Multinasional PT. BAWEL membuka Hotline untuk berinteraski dengan customer dengan rata-rata call perhari adalah sebagai berikut:
|
Day |
Calls |
Day |
Calls |
|
1 |
160 |
6 |
200 |
|
2 |
215 |
7 |
195 |
|
3 |
186 |
8 |
188 |
|
4 |
165 |
9 |
170 |
|
5 |
175 |
10 |
210 |
Dari data di atas hitunglah
a.
Dengan metode moving average
2 hari, berapa perkiraan panggilan
pada hari ke 11?
b.
Dengan metode Weight Moving Averarge
dengan bobot pertama 0.4 bobot
kedua 0,6 dan bobot ke tiga berapa perkiraan jumlah panggilan pada hari ke 11?
c. Dengan metode trend berapa perkiraan
panggilan hari ke 16?
LINK YOUTUBE : https://youtu.be/HTB2ec9kGfI
5. Bila diambil secara acak 10 Dealer mobil diperoleh data penjualan Mobil dalam unit (Y), Pengeluran untuk iklan dalm juta rupaiah (X1) dan jumlah sales (X2) sebagai berikut.
|
No |
Y |
X1 |
X2 |
|
1 |
200 |
10 |
7 |
|
2 |
150 |
3 |
3 |
|
3 |
150 |
4 |
2 |
|
4 |
170 |
8 |
5 |
|
5 |
165 |
7 |
4 |
|
6 |
200 |
11 |
6 |
|
7 |
150 |
4 |
3 |
|
8 |
140 |
3 |
3 |
|
9 |
100 |
2 |
2 |
|
10 |
160 |
6 |
4 |
Dari data di atas hitunglah:
a. Bagaimana persamaan regresinya
dan jelaskan artinya
b. Berapa nilai R2 Jelaskan artinya
c. Bila Biaya Iklan naik menjadi
12 juta dan jumlah sales menjadi 8 orang hitung perkiraan penjualannya
LINK YOUTUBE : https://youtu.be/Me76zxjut4o
TERIMA KASIH SEMUANYA SEMOGA DAPAT MEMBANTU.
Komentar
Posting Komentar